SEMUA JADWAL PERJALANAN KERETA API BERUBAH PER 1 APRIL 2013


keretadalemJakarta – Jadwal perjalanan semua kereta api (KA) berubah per 1 April 2013. Namun demikian, tak ada kenaikan tarif KA pada tahun ini.

Berdasarkan keterangan Direktur Komersial PT KAI Sulistyo Wimbo Hardjito dalam jumpa pers di Gedung Jakarta Rail Center (JRC) di Jalan Juanda 1B, Jakarta Pusat, semua jadwal KA akan berubah. Rinciannya, bisa dilihat di situs PT KAI (http://www.kereta-api.co.id/) per Senin (11/3/2013) nanti.

Wimbo mencontohkan 3 kereta jarak jauh yang berubah jadwalnya yaitu:

KA Bangunkarta (Jakarta-Jombang) yang semula berangkat dari Stasiun Pasar Senen diubah menjadi Stasiun Gambir. KA Bengawan (Jakarta-Solo) dan KA Brantas (Jakarta-Kediri) semula berangkat dari Stasiun Tanah Abang menjadi Stasiun Tanjung Priok. KA Harina yang semula melayani Bandung-Semarang PP menjadi Bandung-Semarang-Surabaya Turi PP

Wimbo juga memaparkan bawha Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) di tahun 2013 untuk angkutan penumpang atau barang lebih banyak dibanding tahun 2011. Untuk KA Ekonomi, ada peningkatan dari 2 KA bertambah menjadi 10 KA. Sedangkan untuk jarak jauh, yakni dari 64 KA menjadi 80 KA. Sedangkan KRL komersial dari 36 loop menjadi 49 loop.

“Khusus Divisi Regional (Divre) I Sumut cukup signifikan karena ada penambahan 26 KA Bandara Kuala Namu,” jelas dia.

Khusus untuk angkutan barang tahun 2013 ini menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan daripada tahun 2011. Tahun 2013 dioperasikan 140 KA meningkat lebih dari 50 persen dari 82 KA terutama pada KA pengangkut peti kemas, angkitan semen BBM dan batubara.

Wimbo menambahkan tak ada perubahan tarif KA. “Waktunya ada yang lebih cepat, tetapi tarif tetap sama,” imbuhnya.

Sementara Dir Ops PT KAI A Herianto mengatakan pemberlakuan jadwal baru ini mengatakan bahwa waktu tempuh hampir semua KA penumpang lebih cepat beberapa menit. Namun ada beberapa KA yang sengaja dilambatkan 15 menit untuk pengaturan persilangan.

“Yang paling urgent untuk pergantian jadwal KA ini untuk meningkatkan derajat keselamatan, keamanan, dan kelancaran operasi KA di Jawa dan Sumatera. Kami mohon doa restu pada seluruh masyarakat, supaya dengan pemberlakuan Gapeka baru perjalanan KA bisa sukses dan selamat,” jelas dia.

SUMBER : http://news.detik.com/

  1. #1 by keripik tempe sehat buparti on 27 Maret 2013 - 8:23 pm

    sediakan krd dari padalarang untuk naik pasundan dan kahuripan di kiara condong. jangan hanya itung itungan di kertas, turun langsung ke lapangan. ok ?

    • #2 by ZIGOMBAR on 28 Maret 2013 - 7:58 pm

      betul itu mas saya sependapat dengan anda, tetapi menurut saya yang paling susah yaitu bila ingin naik kereta api pasundan dari kiaracondong karena jadwalnya keberangkatan mulai pukul 05.30 dari kiaracondong karena tidak ada krd dari arah padalarang menuju kiaracondong untuk jadwal sepagi itu,
      akan tetapi untuk kereta api kahuripan, mulai 1 april berangkat dari kiaracondong pukul 20.30 jadi masih bisa menggunakan krd yang jam 18.55 atau pakai patas yang terakhir jam 17.15 dari padalarang walaupun menunggu di kiaracondong sekitar 1 jam, lebih baik datang lebih awal dari pada terlambat. trimakasih

Silahkan Berkomentar Disini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: