SELURUH KA JARAK JAUH AKAN GUNAKAN AC


Purwokerto (ANTARA News) – PT Kereta Api Indonesia menargetkan semua kereta api jarak jauh akan menggunakan pendingin udara (AC) pada 2013 sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada penumpang.

“Semua kelas untuk KA jarak jauh, baik eksekutif, bisnis, maupun ekonomi akan menggunakan AC, sehingga penumpang yang melakukan perjalanan jauh dengan kereta api akan merasa lebih nyaman,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Surono di Purwokerto, Kamis.

Terkait hal itu, kata dia, PT KAI Daop 5 Purwokerto segera melakukan pemasangan AC pada armada kereta bisnis dan ekonomi yang ada sebagai upaya mengejar target tersebut.

Menurut dia, total jumlah gerbong yang akan segera dilengkapi AC sebanyak 86 unit yang terdiri atas kereta bisnis 24 gerbong dan ekonomi 62 gerbong.

Di samping melengkapi AC, lanjutnya, PT KAI Daop 5 Purwokerto juga akan meningkatkan kapasitas generator pada 12 gerbong pembangkit yang ada guna mewujudkan program tersebut.

“Kapasitas lama 30-60 KVA (kilo volt ampere) per gerbong pembangkit listrik, tidak mencukupi untuk mengoperasikan sistem AC dalam satu rangkaian KA. Oleh karena itu, kapasitasnya akan ditingkatkan menjadi 150 KVA per gerbong pembangkit listrik dengan pemasangan generator baru,” katanya.

Ia mengatakan, pemasangan AC dan penggantian generator tersebut dilaksanakan secara bertahap agar tidak mengganggu operasi KA.

“Sampai akhir Desember 2012 dijadwalkan akan bisa diselesaikan sebanyak 30 gerbong,” kata dia menambahkan.

Lebih lanjut, Surono mengatakan, PT KAI Daop 5 Purwokerto saat ini memiliki armada kereta eksekutif sebanyak delapan gerbong, kereta bisnis 22 gerbong, dan kelas ekonomi sebanyak 64 gerbong.

Menurut dia, seluruh armada tersebut digunakan untuk menjalankan delapan rangkaian KA penumpang pemberangkatan asal PT KAI Daop 5 Purwokerto setiap hari yang terdiri tiga KA kelas komersial dan lima KA ekonomi nonkomersial.

Delapan KA tersebut, yakni KA Purwojaya jurusan Cilacap-Jakarta lewat Purwokerto, KA Sawunggalih Utama Pagi dan KA Sawunggalih Malam serta KA Kutojaya Utara jurusan Kutoarjo-Pasarsenen, KA Logawa jurusan Purwokerto-Jember, KA Serayu Pagi dan KA Serayu Malam jurusan Kroya-Jakarta lewat Bandung, serta KA Kutojaya Selatan jurusan Kutoarjo-Kiaracondong.

SUMBER : http://www.antaranews.com/

  1. Tinggalkan komentar

Silahkan Berkomentar Disini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: