JABAR REAKTIVASI DUA JALUR KERETA API


BANDUNG: Dinas Perhubungan Jawa Barat berencana mereaktivasi jalur kereta Rancaekek-Jatinangor-Tanjungsari dan Bandung-Ciwidey pada 2013 untuk mengatasi kemacetan Bandung yang mulai akut.

Kepala Dinas Perhubungan Jabar Deddy Taufik mengatakan tuntutan akan adanya transportasi massal dari wilayah Sumedang, Kabupaten Bandung menuju pusat Kota Bandung sudah semakin mendesak.

Deddy menunjuk pentingnya reaktivasi jalur Rancaekek-Jatinangor-Tanjungsari. “Jatinangor itu kawasan pendidikan, bagaimana pemerintah bisa mendukung transportasi massalnya,” katanya pada Bisnis, Rabu (10/10/2012).

Untuk jalur yang menghubungkan Kota Bandung-Kabupaten Bandung dan Sumedang ini rencananya pihak Dishub akan memulai rencana studi reaktivasi jalur tersebut pada 2013.

“Reaktivasi ini sesuai tuntutan masyarakat terhadap transportasi massal. Karena kemacetan dari Bandung ke Jatinangor sudah tinggi. Waktu tempuh dan jarak tempuh tidak sinkron,” ujarnya.

Selain jalur tersebut, pada 2013 pun pihak Dishub Jabar akan mulai mereaktivasi jalur Padalarang-Bandung-Ciwidey.

Menurut dia, jalur yang juga menghubungkan 3 daerah ini sudah memiliki studi kelayakan yang dihasilkan Pemerintah Prancis beberapa waktu lalu.

“Untuk mengatasi [kemacetan] Bandung itu, harus ada moda yang horizontal dari Padalarang-Cicalengka. FS-nya sudah ada oleh Perancis,” katanya.

Menurut Deddy, jika studi kelayakan sudah digelar lantas menghasilkan detailed engginering design (DED), selanjutnya yang akan menjadi tantangan penting adalah soal pengadaan lahan.

Di lapangan saat ini, meski status lahan dimiliki PT KAI sudah banyak pembangunan dilakukan masyarakat di atas jalur rel. “Kami berharap 2014 reaktivasi bisa dicoba, tapi [pembebasan] lahan itu tidak mudah,” katanya. (Foto: Bisnis-Jabar.com) (K4/K57/msb)

SUMBER : http://www.bisnis.com/

  1. Tinggalkan komentar

Silahkan Berkomentar Disini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: