TARIF KRD PATAS PADALARANG-CICALENGKA NAIK 1 SEPTEMBER


BANDUNG (bisnis-jabar) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menaikkan tarif kereta rel diesel (KRD) patas, trayek Padalarang-Cicalengka (PP) dari Rp8.000 menjadi Rp10.000 per penumpang.

Kepala Humas PT KAI Daop II Bandung Bambang S. Prayitno mengatakan rencananya, penaikan tarif KA patas akan berlaku pada 1 September 2012 mendatang. “Penaikan tersebut didasarkan pada telegram Direksi No.D6/133 tertanggal 13 Juni 2012. Tarif KRD patas naik Rp2.000 per penumpang,” katanya.

Tarif Rp10.000 berlaku untuk trayek terjauh dari Padalarang ke Cicalengka atau sebaliknya. Sedangkan untuk tujuan tertentu disesuaikan dengan jarak tempuh. Misalnya, tarif Padalarang ke Cimahi, Bandung, atau Kiaracondong sebesar Rp7.000.

Kenaikan tarif kereta api non PSO menurut Bambang harus dilakukan karena PT KAI sudah lama tidak melakukan penyesuaian tarif.

“Tarif KRD patas Padalarang-Cicalengka sebesar Rp8.000 merupakan tarif lama yang ditetapkan sejak tahun 2007,” katanya. Tarif tersebut merupakan penyesuaian dari tarif di tahun 2003 sebesar Rp2.500 per penumpang.

Menurut Bambang meskipun naik, tariff KA masih jauh lebih murah dibanding dengan tarif angkutan umum yang lain. Rencana kenaikan tarif ini disambut komentar pedas dari salah seorang warga Cicalengka, Nazir Ulum.

Warga yang biasa menggunakan moda transportasi KA ke Bandung itu menilai rencana kenaikan harus dibarengi pelayanan yang mumpuni dari KA. “Sekarang dari segi kenyamanan dan keamanan saja nggak ada, banyak tukang dagang, copet, malah mau naikin tarif?,” kata lelaki berusia 28 tahun tersebut. (ajz)

SUMBER : http://bisnis-jabar.com/

  1. Tinggalkan komentar

Silahkan Berkomentar Disini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: