KEMENHUB SIAPKAN TIGA KA EKONOMI TAMBAHAN


JAKARTA: Kementerian Perhubungan akan menambah tiga rangkaian kereta api ekonomi AC baru untuk angkutan Lebaran 2012 yang akan melayani lintas Jakarta-Surabaya, Jakarta-Semarang, dan Jakarta-Solo.

Ketiga rangkaian kereta api (KA) ekonomi AC ini baru dibangun oleh PT Inka dengan dana dari anggaran 2011-2012 senilai total Rp117,75 miliar..

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Tundjung Inderawan mengatakan satu rangkaian KA ekonomi AC ini terdiri dari 10 unit kereta ekonomi (K3) dan satu unit kereta makan yang dilengkapi dengan peralatan pembangkit listrik (KMP).

“Rencana pengoperasian KA kelas ekonomi AC ini  merupakan salah satu program pemerintah melalui Ditjen Perkeretaapian Kemenhub untuk meningkatkan pelayanan angkutan transportasi KA kelas ekonomi dan untuk mendukung angkutan Lebaran 2012 moda transportasi KA,” kata Tundjung, Rabu (6/6).

Dia menyebutkan KA ekonomi AC ini merupakan produksi dalam negeri PT. Inka dengan kapasitas tempat duduk per kereta 80 unit sehingga dalam satu rangkaian dapat mengangkut sebanyak 800 orang.

Pembiayaan pengadaan KA ekonomi AC tersebut, imbuhnya, bersumber dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2011-2012  Ditjen Perkeretaapian Kemenhub sebesar Rp39,25 miliar per satu rangkaian KA.
Tundjung menjelaskan sejak 2010 pemerintah telah menyerahkan KA ekonomi AC untuk dioperasikan PT. Kereta Api Indonesia (KAI) untuk melayani lintas Pasar Senin-Kutoarjo dan saat ini diperpanjang sampai Lempuyangan Yogyakarta. Pada 2011 pihaknya juga telah menyerahkan KA ekonomi AC Gajah Wong untuk dioperasikan PT. KAI melayani lintas Pasar Senin-Lempuyangan Yogyakarta.

Kereta api ekonomi AS Gajah Wong diresmikan pertama kali pada 25 Agustus 2011 saat musim mudik Lebaran 2011 dan merupakan KA ekonomi AC kedua di Indonesia yang dilengkapi dengan fasilitas pendingin udara (AC) setelah KA Bogowonto.

KA yang merupakan produksi PT Inka ini berangkat dari Stasiun Pasar Senen Jakarta menuju Stasiun Lempuyangan Yogyakarta pada pagi hari pukul 07.45 WIB dan balik pukul 19.30 WIB dari Lempuyangan menuju Jakarta (Pasar Senen). Tarif karcis KA Gajah Wong adalah Rp125.000-Rp155.000.

Humas Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Muhartono mengatakan kemungkinan tarif ketiga rangkaian KA ekonomi AC baru yang akan diserahkan itu sama seperti KA sebelumnya, yakni KA Gajah Wong. “Mungkin tidak jauh bedalah,” ucapnya. (arh)

SUMBER : http://www.bisnis.com/

  1. Tinggalkan komentar

Silahkan Berkomentar Disini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: