WALIKOTA DADA ROSADA : KOTA BANDUNG BUTUH “Cable Car”


BANDUNG, (PRLM).- Wali Kota Bandung Dada Rosada mengatakan Kota Bandung sangat membutuhkan cable car, terlebih moda transportasi itu sudah direncanakan guna menanggulangi kemacetan lalu lintas. Hal itu dikatakannya di Bandung, Kamis.

Hal itu dikatakannya berkaitan dengan realisasi pembangunan cable car (kereta gantung) “Bandung Skybridge” dari Pasteur hingga Sabuga.

“Peraturan walikotanya kalau nanti hari Senin keluar bisa segera diterbitkan lalu kita buat scedule pembangunannya, yang penting mudah-mudahan akhir bulan ini selesai dan saya bisa meresmikannya,” kata Dada.

Masih kata Dada, saat ini pihak pengusahanya sendiri sudah melakukan sosialisasi dengan pendekatan kepada yang terkena dampaknya.

“Mudah-mudahan 10 bulan ini bisa, kita tidak mengeluarkan uang sama sekali kita hanya falisitator dan regulator (pemberian fasilitas dan ijin).

Sebenarnya kita mau tapi anggaran tidak ada dan mereka sanggup. Hanya kita himbau agar harga tiket harus terjangkau, kalau tidak terjangkau kan tidak akan laku, tidak akan ada yang mau naik ngapain bayar mahal,” tutur Dada seraya mengatakan cable car bukan untuk pariwisata namun untuk angkutan umum.

Rencananya cable car akan dibangun mulai di lokasi dekat Kantor Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (PPGL) di Jln Dr Djunjunan.

Disana dibangun stasiun bandara sebagai awal dari lintasan Bandung Skybridge yang terhubung hingga Sukajadi (PVJ) dan Tamansari (Sabuga) sepanjang 3 km, dengan tiang penyangga sebanyak 6-8 tiang. Kereta gantung sendiri disediakan sebanyak 90-100 kabin. Masing-masing kabin berisi 8 orang dan mengangkut penumpang setiap 10 detik. Jadi dalam satu jam akan bisa mengangkut sebanyak 2500-2800 orang. (A-113/A-26)

SUMBER : http://www.pikiran-rakyat.com/node/185337

SUMBER GAMBAR : http://jejakvicky.files.wordpress.com/2011/10/ngong-ping-cable-car_3.jpg

  1. Tinggalkan komentar

Silahkan Berkomentar Disini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: