PERMUDAH PELANGGAN PT KAI LUNCURKAN RAIL CARD


BANDUNG, (PRLM).- PT Kereta Api (PT KA) bekerjasama dengan Bank BNI meluncurkan Rail Card (kartu pre paid), untuk memudahkan pelannggan KA melakukan pembelian tiket. Rail Card yang merupakan kartu pengganti uang, juga bisa digunakan di berbagai toko yang berlogo BNI.

“Di stasiun Bandung, rail card ini sudah mulai digunakan sejak tanggal 5 April kemari. Dapat digunakan untuk membeli tiket KA komersial seperti kelas eksekutid dan kelas bisnis,” ujar Kepala Humas PT KA Daerah Operasional (Daop) 2, Bandung, Bambang S. Prayitno, Minggu (8/4).

Menurut Bambang, penerbitan rail card semata-mata untuk membuat proses pembelian tiket menjadi lebih praktis. Selain pelanggan tak perlu repot-repot menyiapkan uang pas, juga tak perlu sibuk menghitung uang kembalian. Tinggal menyerahkan kartu tersebut, proses pembelian dilakukan secara lebih akurat.

Harga kartu perdana Rail Card tersebut adalah Rp 20.000 dengan dirancang untuk bisa disi ulang Rp 20.000 sampai Rp 1 juta di kantor BNI atau ATM BNI manapun. Pemegang Rail Card nantinya bisa mendapatkan fasilitas pengembalian dana (refund), bebas biaya administrasi bulanan, dan bebas saldo minimal.

“Untuk sementara Rail Card baru bisa digunakan di sejumlah stasiun, diantaranya Gambir, Senen, Jakarta Kota, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Tugu Yogyakarta, Surabaya Pasarturi, dan Surabaya Gubeng,” katanya.

Menyinggung banyaknya peningkatan layanan dalam penjualan tiket, Bambang mengatakan hal tersebut telah membuat semacam pergeseran dalam perilaku konsumen KA. Saat ini mayoritas penjualan tiket dilakukan dengan cara pemesanan (reservasi). Hal tersebut juga didorong oleh perpanjangan waktu reservasi menjadi H-90 (90 hari sebelum keberangkatan).

“Misalnya saat week-end liburan paskah, yang tingkat okupansinya rata-rata 100% selam empat hari, mayoritas pembelian tiketnya umumnya menggunakan pemesanan. Pemeblain manual secara langsung (go show), bisa dikatakan merupakan sisa dari penjual tiket reservasi,” katanya. (A-135/A-147)***

SUMBER : http://www.pikiran-rakyat.com/
SUMBER GAMBAR : http://static.republika.co.id/

  1. Tinggalkan komentar

Silahkan Berkomentar Disini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: