PT KAI BATALKAN SEMENTARA KA LOKAL CIBATUAN


BANDUNG, KOMPAS.com — PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi II Bandung membatalkan sementara perjalanan KA lokal Cibatu-Purwakarta terkait dengan pertandingan Persib melawan Gresik United di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, Rabu (11/4/2012).

“Perjalanan KA lokal Cibatu-Purwakarta sementara hanya melayani Cibatu-Bandung, tidak dilanjutkan ke Purwakarta dan sebaliknya. Hal itu untuk menghindari konflik bobotoh dengan warga di kawasan Cimindi hingga Andir,” kata Kepala Humas PT KAI Daop II Bandung Bambang Setya Prayitno di Bandung, Selasa.

Menurut Bambang, biasanya KA itu digunakan bobotoh untuk menuju Bandung dan sebaliknya. Beberapa kali terjadi tawuran antara bobotoh yang naik KA itu dan warga di Andir, Bandung.

Hampir setahun PT KAI selalu menghentikan sementara operasi KA tersebut saat Persib menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola.

Selain itu, PT KAI Daop II Bandung juga melakukan antisipasi, pengamanan, dan penyisiran (sweeping) terhadap bobotoh yang naik KA dengan menggunakan atribut bobotoh Persib.

“Sesuai dengan keputusan direksi, PT KAI tidak mengangkut bobotoh sehingga terpaksa akan dilakukan sweeping suporter bola yang menggunakan atribut. Hal ini dilakukan demi kenyamanan, keamanan, dan keselamatan penumpang serta warga,” lanjut Bambang.

Sweeping akan dilakukan di sejumlah stasiun, mulai dari Purwakarta, Plered, Padalarang, hingga arah Cicalengka.

“Suporter bola yang menggunakan atribut akan dilarang masuk ke stasiun,” katanya.

Pengamanan akan dilakukan lebih ketat di KA lokal dan komuter Bandung Raya. Selain oleh petugas PT KAI, sweeping juga akan melibatkan polsuska, Polri, dan polisi militer.

“Selain KA lokal Cibatu-Purwakarta, perjalanan KA lainnya tetap sesuai jadwal, termasuk KA Serayu,” ujar Bambang menambahkan.

  1. Tinggalkan komentar

Silahkan Berkomentar Disini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: