KERETA RESTORASI EKONOMI NEW IMAGE


Untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan,  PT KAI Daop 5 Purwokerto meluncurkan kereta restorasi  ekonomi dengan desain interior baru. Kereta makan yang sekaligus berfungsi sebagai kereta pembangkit listrik (genset) ini merupakan hasil renovasi dari kereta yang sudah digunakan sebelumnya.

Perubahan dilakukan pada warna interior dan lay-out tempat duduk pada kereta tersebut. Warna interior didominasi hijau muda yang dikombinasikan dengan oranye pada dinding dan meja bar serta dapur. Sedangkan warna putih tulang masih dipertahankan  pada langit- langit kereta  yang dipadukan dengan hijau tua pada tempat duduk. Kombinasi warna ini memberikan kesan segar dan sejuk kepada penumpang.

Konfigurasi tempat duduk dilakukan perubahan pada dua deret didepan pintu masuk, dari enam tempat duduk menghadap depan belakang, menjadi dua deret  tempat duduk samping masing- masing menghadap ke tengah. Perubahan konfigurasi tempat duduk ini  memberikan ruang yang lebih luas untuk mengakomodasi penumpang lanjut usia agar lebih nyaman  dan penderita cacat yang menggunakan kursi roda.

Penyediaan tempat khusus untuk penumpang lanjut usia dan penderita cacat dalam kereta api ini merupakan implementasi  salah satu butir Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang telah ditetapkan pemerintah. Dalam SPM angkutan KA disyaratkan ada fasilitas khusus dan kemudahan bagi penyandang cacat, wanita hamil, anak- anak dibawah 5 tahun, orang sakit dan orang lanjut usia.

Menurut Manajer Sarana Daop 5 Purwokerto Ruwanta , pengerjaan renovasi interior dan perubahan konfigurasi tempat duduk kereta restorasi ini dilaksanakan di Dipo Kereta Purwokerto oleh tenaga yang ada dengan waktu kurang dari 2 minggu per unit.

Saat ini Daop 5 Purwokerto telah selesai merenovasi dua kereta makan (restorasi) kelas ekonomi  lama menjadi kereta restorasi “new image”. Masing- masing kereta makan dan pembangkit buatan tahun 1986 dengan nomor seri KMP3 08601 dan KMP3 08602. Kedua kereta ini akan segera dirangkaikan untuk melayani KA Logawa jurusan Purwokerto – Jember pp. Rencananya semua kereta restorasi untuk kelas ekonomi di Daop 5 Purwokerto akan direnovasi seperti kedua kereta tersebut untuk meningkatkan pelayanan dan memenuhi SPM. (Humaska)

SUMBER : http://www.kereta-api.co.id/

  1. Tinggalkan komentar

Silahkan Berkomentar Disini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: