TIKET KA BISA DIPESAN H-90


BANDUNG– PT Kereta Api Indonesia terus meningkatkan pelayanan kepada penumpangnya dengan membuka fasilitas pemesanan tiket kereta eksekutif 90 hari sebelum keberangkatan.

Layanan pemesanan tiket ini berlaku sejak Kamis (8/3) kemarin. “Layanan reservasi H-90 tersebut kami luncurkan mulai Kamis, 8 Maret 2012. Dengan reservasi tiket H-90, masyarakat bisa melakukan pemesanan tiket kereta api,90 hari sebelum kereta api diberangkatkan,”jelas Kepala Humas PTKA Daop 2 Bandung Bambang S Prayitno,kemarin.

Dia mengatakan, dengan adanya layanan ini diharapkan calon penumpang bisa lebih leluasa dalam memesan tiket kereta api.Pemesanan tiket ini bisa dilakukan di 19 loket stasiun online terdekat.Termasuk minimarket Indomaret,kantor pos, agen penjualan tiket, dan di sejumlah ATM BRI, BII, dan ATM bersama. Bambang menyebutkan, layanan pemesanan tiket secara online tersebut sebenarnya sudah dilakukan sejak lama.

Awalnya pemesanan tiket ini diberlakukan 30 hari sebelum keberangkatan. “Pada Agustus 2011, mengingat jelang Lebaran penumpang meningkat, kami galakkan reservasi menjadi 40 hari sebelum keberangkatan. Kemudian, sekarang meningkat lagi jadi 90 hari,”tuturnya. Meski demikian,lanjut Bambang, pihaknya masih membuka pembelian tiket langsung (go show) menjelang keberangkatan kereta api.

Bahkan tidak menutup kemungkinan pihaknya akan melakukan penambahan gerbong penumpang bila pembelian tiket cukup tinggi.“Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan pembelian tiket karena karakteristik penumpang ekonomi yang membeli tiket di stasiun, kami akan menambah rangkaian,”katanya. Dia mengungkapkan,peningkatan layanan reservasi H-90 yang dilakukan ini seiring kebijakan PT KAI lainnya.

Seperti halnya pembatasan kapasitas angkut penumpang atau sesuai dengan jumlah tempat duduk yang tersedia. Larangan merokok selama dalam perjalanan kereta api hingga sistem boarding pass, di mana hanya penumpang yang memiliki tiket saja yang bisa memasuki area stasiun kereta api. “Dengan begitu masyarakat akan semakin nyaman dan tertib dalam menumpang kereta api,”tandasnya.

Pengamat Transportasi Ellen Tangkudung melihat kebijakan ini sebagai seuatu yang positif. Dia melihat PT KAI terus berbenah, mulai dari pelayanan hingga manajemen. Namun, kebijakan bagus ini tetap harus diawasi ketat.”Sebenarnya inti dari kebijakan ini adalah memberi kemudahan, namun akan berbeda jika tidak diketahui ke mana tiket tersisa,”jelasnya.

Artinya ketersediaan tiket juga harus benar-benar transparan. Saat ini memang sudah ada layaryangmenunjukkanjumlah ketersediaan tiket.”Ya, intinya kebijakan ini positif,namun harus benar-benar dilaksanakan dengan sepenuh hati, jangan setengah-setengah,”tuturnya.

Calon penumpang Theo Jonathan, 30, mengaku sangat senang dengan sistem pemesanan tiket H-90 ini. Namun, dia berharap PT KAI tetap profesional. Pasalnya kendala yang ditemui di lapangan adalah saat mendekati libur hari raya, tiket sudah habis sebulan sebelumnya. gita pratiwi/ ridwansyah

SUMBER : http://www.seputar-indonesia.com/

  1. #1 by Pratama on 14 Maret 2012 - 1:07 pm

    Untuk Kelas Ekonomi Tetap H-7 ya?.

Silahkan Berkomentar Disini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: