RANCANGAN PEMBANGUNAN STASIUN KIARACONDONG TAHUN 2030


Perancangan Stasiun Kereta Api Kiaracondong ini dilakukan berdasarkan rencana PT. Kereta Api Indonesia (PT. KAI), masterplan Bandung Metropolitan Area 2030, serta Rencana Induk Perkeretaapian Nasional (RIPNas) Tahun 2030. Dari ketiga rencana tersebut dapat disimpulkan bahwa Stasiun Kiaracondong yang ada saat ini akan terpengaruh oleh pembangunan jalur ganda dan elektrifikasi sepanjang jalur Padalarang – Cicalengka, pembangunan jaringan kereta api perkotaan, pembangunan sistem transportasi publik yang terintegrasi, serta perkiraan penambahan kapasitas penumpang pada stasiun tersebut.

Permasalahan perancangan pada stasiun ini adalah bagaimana mewadahi fungsi pelayanan kereta api komuter dan kereta api ekonomi jarak jauh, membuka akses stasiun baik ke sisi Utara maupun Selatan dengan mempertimbangkan kemungkinan pembangunan wilayah sekitar, serta memfasilitasi pergantian moda angkutan yang terintegrasi dengan stasiun.

Hasil perancangan berupa bangunan stasiun yang terdiri dari satu masa utama yang melintang tegak lurus di atas jalur rel, sayap stasiun utara dan selatan, bangunan utilitas, serta pengolahan tapak yang terdiri dari pusat pergantian moda angkutan, area parkir, plaza, dan area hijau. Struktur utama stasiun adalah struktur truss baja dengan segmen yang memiliki perbedaan kemiringan atap maupun dinding. Bangunan stasiun dan struktur atap peron terkesan kontras namun disatukan dengan garis-garis yang menerus. Ekspresi yang ingin dihasilkan adalah struktur baja yang kokoh serta representasi pergerakan pada pola peron-rel-peron dan pola garis menerus yang sejajar dengan jalur rel.( Created By Nadiya Rahmah)

SUMBER : http://www.ar.itb.ac.id/

  1. Tinggalkan komentar

Silahkan Berkomentar Disini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: