TIKET ANAK KERETA EKONOMI DIHILANGKAN


BANDUNG, suaramerdeka.com – Tiket bagi penumpang anak yang menggunakan jasa KA Kelas Ekonomi dihapus per Senin, 1 Januari 2012. Kebijakan tersebut bersamaan dengan pemberlakuan tiket baru KA kelas rakyat itu yang terbagi dalam dua zona, terdekat dan terjauh berdasarkan jarak tempuh.

Juru bicara PT Kereta Api Indonesia (KAI) Pusat, Sugeng Priyono yang dihubungi, Kamis (29/12), membenarkan kebijakan baru yang diambil operator plat merah tersebut. “Tiket anak memang ditiadakan, sedangkan pembagian zona sebagai dasar penentuan tarif KA Ekonomi, sudah lama kami berlakukan,” jelasnya.

Menurut dia, kebijakan pembagian zona tersebut telah diberlakukan dalam penentuan tarif pada akhir 2010. Saat itu, penghitungan tarif KA Ekonomi didasarkan pada tiga zona jarak.

Dalam kebijakan 2012, penghitungannya lebih dipersempit berikut penghapusan tarif anak. “Selama ini, tarif anak banyak disalahgunakan. Lagi pula keberadaannya tidak terlalu signifikan,” tandasnya.

Berdasarkan pengamatan BUMN transportasi itu, frekuensi berpergian anak dengan KA tidak sering. Di lapangan, tiket bagi penumpang anak juga menyulitkan petugas loket melakukan pembuktian.

Dijelaskannya, potongan tarif anak selama ini adalah 30 persen dari tarif tiket penumpang dewasa. Bagi pihaknya, potongan itu tidak terlalu besar apalagi jika dikaitkan dengan tarif KA Ekonomi yang berlaku saat ini yang tergolong sudah murah.
( Setiady Dwi / CN33 / JBSM )

SUMBER : http://suaramerdeka.com/

  1. Tinggalkan komentar

Silahkan Berkomentar Disini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: