PENUMPANG BERDIRI DIHAPUSKAN


Solo, CyberNews. Mulai 1 Oktober, kereta api (KA) kelas ekonomi dan bisnis akan bebas dari penumpang berdiri. Sebab mulai tanggal tersebut, PT KA Indonesia (KAI) memberlakukan kebijakan tingkat keterisian kereta hanya 100 persen untuk seluruh kereta yang dioperasikan.

Artinya, jumlah penumpang yang diangkut tidak boleh melebihi kapasitas tempat duduk yang disediakan. Sebelumnya, untuk kereta kelas ekonomi dan bisnis ada toleransi penumpang berdiri.

Kelas ekonomi toleransinya 50 persen dari jumlah tempat duduk dan diubah menjadi 25 persen 19 September lalu. Sementara kereta bisnis jumlah penumpang berdirinya ditoleransi 25 persen dari jumlah kursi.

“Kebijakan ini diputuskan direksi pada 16 September lalu. Karena dilaksanakan mulai 1 Oktober, kami sudah mulai menyosialisasikan tentang kebijakan tersebut tak lama setelah kebijakan itu diputuskan,” kata Humas PT KAI Daops VI Eko Budiyanto.

Menurutnya, kebijakan itu diputuskan sebagai bagian dari upaya memberikan pelayanan maksimal kepada pengguna jasa kereta.

“Selain untuk kenyamanan dalam perjalanan, kebijakan ini juga untuk keselamatan penumpang. Kami ingin layanan terhadap pengguna kereta lebih manusiawi. Penumpang bisa duduk di perjalanan, nyaman, tak perlu capek-capek berdiri karena tidak kebagian tempat duduk,” tandasnya.

Terkait kebijakan tersebut, tiket peron yang diberlakukan bagi pengunjung stasiun, juga akan dihilangkan. Setelah tiket peron dihapuskan, nantinya hanya calon penumpang yang sudah memiliki tiket yang boleh masuk ke peron, menunggu kereta tiba.
( Irfan Salafudin / CN33 / JBSM )

SUMBER : http://suaramerdeka.com/

SUMBER GAMBAR : http://www.beritasatu.com/

  1. Tinggalkan komentar

Silahkan Berkomentar Disini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: