ENAM JALUR KERETA DI DAOP 2 MATI


INILAH.COM, Bandung – Rel kereta api yang tidak aktif atau mati terdapat di enam jalur sepanjang 216,977 km atau 39,65% dari total trek sepanjang 547,147 km di wilayah Daop 2 Bandung.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Daop 2 Bandung Bambang Setyo Prayitno mengemukakan, enam jalur yang saat ini tidak berfungsi, yaitu Bandung-Ciwideuy, Dayeuh kolot-Majalaya, Rancaekek-Tanjungsari, Cibatu-Cikajang, Tasikmalaya-Singaparna dan Banjar-Cijulang.

“Jalur yang mati itu memang ada rencana untuk dihidupkan kembali. Namun, hal itu tergantung juga dari kebijakan pemerintah pusat dan daerah itu sendiri,” katanya ketika dihubungi INILAH.COM, Sabtu (9/4/2011).

Menurutnya, reaktivasi jalur yang sudah tidak berfungsi tersebut potensial mendukung peningkatan perekonomian kawasan seiring pertumbuhan intensitas lalu lintas masyarakat.

Namun, katanya, kebijakan untuk mengoperasikan kembali jalur yang sudah mati merupakan kewenangan dari Kementerian Perhubungan. Sementara PT KA hanya sebagai operator.

Dia mengemukakan panjang jalur Bandung-Ciwidey yang tidak aktif mencapai 40,5 km, Dayeuhkolot-Majalaya (17,442 km), Rancaekek-Tanjungsari (11,4 km), Cibatu-Cikajang (47,45 km), Tasikmalaya-Singaparna (17,8 km), dan Banjar-Cijulang (82,385 km).

“Dalam perkembangannya, saat ini sudah ada satu yang kembali diaktifkan yaitu jalur Sukabumi-Cianjur yang dibangun oleh pemerintah,” katanya. [gin]

SUMBER :   http://www.inilahjabar.com/

SUMBER GAMBAR : http://3.bp.blogspot.com/

  1. Tinggalkan komentar

Silahkan Berkomentar Disini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: