LEBARAN, TIKET PERON DITIADAKAN


Solo, CyberNews. Selama arus mudik dan balik lebaran tahun ini, tiket peron stasiun kereta api akan ditiadakan. Hal ini ditempuh untuk mengantisipasi menumpuknya penumpang di dalam stasiun. Hal ini disampaikan Kepala Stasiun Purwosari, Suwardi saat dijumpai di ruang kerjanya, Rabu (17/8).

Kebijakan tersebut merupakan kebijakan dari direksi pusat yang akan berlaku di semua stasiun. Selain penumpang yang memiliki tiket, pengantar atau pengunjung lain tidak diperbolehkan masuk ke dalam stasiun. Aturan ini akan berlaku efektif mulai Selasa (23/8) sampai Rabu (7/9).

“Penumpang dengat tiketpun tidak bisa sembarangan masuk stasiun. Satu jam sebelum keberangkatan, penumpang baru bisa masuk ke stasiun,” papar dia.

Diakui, dengan aturan baru ini potensi penerimaan stasiun dari penjualan tiket peron turun drastis. Kendati demikian, hal ini tidak dipermasalahkan. Tahun ini, keselamatan dan pelayanan kepada penumpang adalah hal yang diutamakan. Karena itu, nantinya personil di lapangan akan bekerja ekstra untuk memastikan aturan tersebut dijalankan.

Sementara itu, penjualan tiket KA kelas ekonomi di hari pertama masih sepi. Mulai tahun ini, penjualan tiket KA ekonomi berbeda dengan tahun sebelumnya. Tiket tersebut bisa dibeli H-7 sebelum jadwal keberangkatan. Pembelian bisa dilakukan online di sejumlah stasiun. Pembelian oleh satu orang maksimal dua tiket yang dicetak dalam satu tiket.

“Sampai tadi siang, belum ada pemesanan tiket untuk musim lebaran tahun ini. Di stasiun kami, tiket arus mudik memang tidak banyak dicari. Nantinya, pada saat arus balik, stasiun-stasiun di Solo akan ramai,” imbuh dia.

Diperkirakan, penjualan tiket arus balik akan mulai ramai pada Sabtu (27/8). Sementara puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada tiga hari pada Sabtu (3/9) sampai Senin (5/9). Karena itu, pihaknya mengimbau kepada penumpang untuk lebih baik menghindari ketiga tanggal tersebut.

Tahun lalu, sebanyak seribuan penumpang diangkut per hari selama arus mudik dari Solo menuju Jakarta, Purwokerto, Banyuwangi, atau Bandung. Jumlah tersebut naik tiga kali lipat pada arus balik. Rata-rata, sebanyak tiga ribuan penumpang diangkut setiap harinya. Puncaknya, adalah pada H+2 lebaran, jumlah penumpang membeludak hingga 4.102 orang dalam satu hari. ( Astuti Paramita / CN26 / JBSM )

SUMBER : http://suaramerdeka.com/

SUMBER GAMBAR : http://static.republika.co.id/

  1. Tinggalkan komentar

Silahkan Berkomentar Disini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: