ATURAN BARU PEMBATALAN TIKET KERETA API


aturan-kembali-tiket

Demi meningkatkan pelayanan PT KAI dan mengurangi praktik percaloan, PT KAI membuat aturan baru berkaitan dengan pembatalan tiket kereta api. Pada peraturan lama, mekanisme pembatalan tiket calon penumpang yang batal berangkat dapat mengambil kembali biaya tiket langsung saat itu juga, dengan kompensasi dikenakan biaya administasi 25% dari harga tiket yang dibatalkan.

Peraturan baru yang ditetapkan oleh Manajemen PT KAI berlaku 1 Maret adalah untuk semua KA jarak menengah dan jauh disemua layanan kelas baik itu eksekutif, bisnis, ekonomi komersial maupun ekonomi non komersial, calon penumpang yang akan membatalkan tiketnya harus mengisi formulir permohonan pembatalan dengan menyerahkan tiket serta fotokopi kartu identitas sesuai pada tiket. Pengajuan pembatalan tiket dapat dilakukan di semua loket stasiun kereta online.

Konsumen bisa memilih mekanisme pengembalian biaya yang diinginkan yakni melalui pembayaran tunai atau transfer. Calon penumpang yang memilih pengembalian tunai, dalam formulir permohonan pembatalan dapat mengisi distasiun mana biaya pengembalian diambil, sedangkan yang memilih secara transfer harus mengisi nama bank dan nomor rekening pada formulir pembatalan. Waktu pengembalian setelah jangka waktu 30 sampai 45 hari dari waktu pembatalan tiket yang berlaku baik secara tunai atau melalui transfer.

Peraturan baru ini juga berlaku bagi calon penumpang yang melakukan perubahan atau penundaan jadwal keberangkatan. Jika terjadi kekurangan karena selisih tarif harus dibayar tunai. Bila terjadi kelebihan karena selisih tarif, akan dikembalikan setelah waktu 30 hari, baik tunai atau transfer. Permohonan perubahan atau penundaan jadwal juga dikenakan biaya administrasi 25% dari harga tiket.

SUMBER : http://www.tiketkai.com/

About these ads
  1. #1 by siddiek on 9 Maret 2013 - 8:50 am

    BAIK JUGA UNTUK MEMBIASAKAN DISIPLIN DAN KETERTIBAN UNTUK SEMUA FIHAK. TINGGAL JANGAN SAMPAI ADA YANG DIRUGIKAN DAN BEA PEMBATALANNYA BERGUNA UNTUK INSTANSI DAN PENGGUNA JASA

Silahkan Berkomentar Disini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: