KA HARINA PAGI DIRENCANAKAN DIBUKA KEMBALI


Semarang, Kereta Api (KA) Harina Pagi rute Semarang-Bandung dan sebaliknya sudah dilikuidasi sejak November 2011 lalu. Namun baru-baru ini kereta yang dulunya berangkat setiap pukul 08.30 WIB tersebut mulai dikaji lagi keaktifannya.

“Tahun 2011 lalu KA Harina Pagi dilikuidasi bersamaan dengan KA Rajawali Siang,” kata Humas PT KA Daerah Operasi (Daops) IV Semarang, Sapto Hartoyo, di sela perjalanannya dari Bandung menuju Semarang menggunakan KA Harina Malam, Rabu (18/7/2012) pagi.

Harina Pagi ditutup karena minim peminat. Padahal tujuan awal kereta yang menggantikan KA Mahesa tersebut untuk meningkatkan potensi wisata dan bisnis di kedua daerah baik Semarang maupun Bandung.

“Tingkat okupansinya rendah dan hal itu tidak sesuai dengan biaya operasionalnya. Tapi jika dilihat pada KA Harina Malam tingkat antusiasnya meningkat, kemungkinan KA Harina Pagi bisa dibuka lagi,” terang Sapto.

Sementara itu Kepala Humas PT KA Daops II Bandung Bambang S Prayitno saat pertemuan dengan rombongan Daops IV di Balai Pelatihan Sinyal, Telekomunikasi dan Listrik, Bandung, Selasa (17/7) lalu mengatakan, selama lima bulan sejak dibuka, KA Harina Pagi tidak pernah mengangkut penumpang lebih dari 50 persen dari kapasitas.

“Dari kapasitas sebanyak 300 penumpang, rata-rata KA Harina Pagi mengangkut penumpang di bawah 50 persen,” katanya.

Namun setelah meilhat antusiasme pengguna layanan KA Harina Malam yang semakin meningkat, baik Daops IV atau Daops II berencana untuk membuka lagi KA Harina Pagi.

“Untuk hari biasa, pengguna KA Harina Malam adalah 60-70 persen, sedangkan untuk weekend atau hari libur, bisa mencapai 100 persen.

Meski demikian, menurut Bambang, untuk melihat tingkat antusias pengguna KA Harina Pagi nantinya butuh waktu yang lama. “Seperti pada KA Agrowilis jurusan Bandung-Surabaya yang diawal sepi peminat, namun lama kelamaan antusiame semakin tinggi bahkan menjadi KA favorit,” tandasnya.

Saat ini rencana dibukanya kembali KA Harina Pagi masih dalam proses pengkajian dan pengamatan untuk peminat rute Semarang-Bandung atau sebaliknya.

“Nanti diadakan kuesioner lalu dikaji. Kemungkinan KA Harina Pagi akan dibuka kembali,” imbuh Sapto.

KA Harina Pagi akan dibuka untuk angkutan umum, wisata, atau pun angkutan barang. Diharapkan dengan dibukanya kembali kereta tersebut, nantinya bisa menjadi penghubung yang lebih efisien kedua kota dari segi bisnis dan wisata karena waktu tempuh yang lebih cepat.

SUMBER : http://news.detik.com/
SUMBER GAMBAR : http://4.bp.blogspot.com/

About these ads
  1. #1 by imam s on 27 Juli 2012 - 8:33 am

    kapan priangan express mengikuti jejak harina untuk dioperasikan lagi. tahun 2009 saya mudik ke banjar bersama keluarga naik KA ini sangat menggembirakan. rasanya iri kalau KA priangan tidak ikut diaktifkan.

  2. #2 by kurniawan on 6 Oktober 2012 - 2:48 pm

    Bisa ka argo parahiangan jurusan jakarta -bandung -bqnjar/tasikmalaya’walupun cuma sehari sekali”.seprti cirebon expres kn ada yg sampe tegal walu cuma satu perjalan Pp .jjadi kan sy sebagai orang tasikmalaya juga bisa merasakn naik ka exctiv/bisnis lngsung dari tasik ke jakarta.selama ini saya dari tasik mau k jakarta mesti naik bis k bandung dulu baru bisa naik ka k jakarta.trimakasih’mohon di pertimbangkan.

Silahkan Berkomentar Disini....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: